Kata Mutiara

Jadilah yang terbaik di antara yang baik atau setidaknya menjadi yang baik di antara yang tidak baik

Sudahkah kita punya Proposal Hidup?

Pembaca yang budiman, mengapa di dunia ini ada orang yang sukses dan ada orang yang tidak sukses dalam hidupnya? Kata temen saya Jamil Azaini (seorang motivator sukses mulia), kuncinya adalah apakah orang tersebut memiliki proposal hidup ataukah tidak. Kenapa kok proposal hidup?

Filosofinya sederhana: setiap pekerjaan akan berhasil baik jika direncanakan dengan baik dan sebaliknya, jika sebuah pekerjaan tidak direncanakan dengan baik maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan sesuai dengan apa yang diharapkan. Oleh karena itu pada setiap penelitian, baik itu skripsi, tesis, desertasi dan berbagai penelitian kompetitif, selalu aspek kekuatan proposal menjadi pertimbangan utama dalam penilaian layak atau tidaknya penelitian itu untuk diloloskan atau dilanjutkan. Demikian pula halnya untuk berbagai kegiatan atau kepanitian, keberadaan proposal sangat dibutuhkan agar seluruh anggota tim dapat bekerja dengan baik dan seirama mencapai tujuan yang ditetapkan.

Apalagi untuk urusan yang menyangkit hidup kita, maka sudah sepatutnya dibutuhkan sebuah Proposal. Apa yang menjadi tujuan-tujuan hidup kita, langkah-langkah apa saja yang harus dipilih untuk mencapai tujuan-tujuan hidup tersebut mestinya secara jelas tergambar dalam Proposal Hidup kita. Diri kita ini mau dibawa kemana mestinya harus sesuai dengan Proposal Hidup kita.

Mengingat kehidupan kita yang hanya sebentar, maka sudah sewajarnya setiap detik waktu yang kita lewatkan seharusnya memiliki makna dan manfaat. Terlebih lagi pada saatnya nanti, ketika kamatian itu datang, kita akan diminta pertanggungjawaban oleh Allah. Alangkah berisikonya jika dalam kehidupan ini kita tidak memiliki Proposal Hidup. Kalau tujuan hidup kita ingin masuk surga, kalau kita ingin sukses dan kaya maka sudah semestinya dalam proposal tersebut kita tulis secara rinci upaya dan langkah untuk bisa mencapai tujuan tersebut dan selanjutnya kita berjalan dan hidup sesuai dengan apa yang telah kita tulis. Dengan demikian hidup kita tidak pernah kehilangan arah, kehilangan semangat, tidak asal jalan dan tidak mudah terpengaruh oleh ajakan dan bisikan yang tidak sesuai dengan Proposal Hidup kita. Insyaallah dengan cara tersebut kita akan bisa mewujudkan dan mencapai tujuan yang kita inginkan, hidup sukses dan mulia.

2 Responses to “Sudahkah kita punya Proposal Hidup?”

  • ania:

    mengenai tentang proposal hidup, pak..saya teringat dengan buku yg menceritakan ttg urgensi proposal hidup seseorang,.dengan bahasa yg sederhana namun mengena, penulis menggambarkan analogi proposal hidup dengan proposal kegiatan yg biasa dia buat.

  • betul Ania, buku itu adalah: Tuhan, Inilah Proposal Hidupku, karangan temenku: Jamil Azaini…… Selamat bikin proposal skripsi dan jangan lupa proposal hidup..

Leave a Reply

*

Spam Protection by WP-SpamFree

Switch to our mobile site