Kata Mutiara

Jadilah yang terbaik di antara yang baik atau setidaknya menjadi yang baik di antara yang tidak baik

Kegiatan Student Centered Learning (SCL)

Mulai tahun 2009 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro telah melaksanakan kegiatan Student Centered Learning (SCL) model Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran ini menggunakan 7 langkah pembelajaran yang populer disebut seven jump.

Tahapan kegiatan PBL, berdasarkan seven jump meliputi:
1. Clarify unknown terms and concepts in the problem description
2. Define the problem: that is list the phenomena to be explained
3. Analyse the problem: “brainstorm”: try to produce as many different
explanations for the phenomenon as you can. Use prior knowledge and
common sense
4. Criticise the explanations proposed and try to produce a coherent
description of the processes that, according to what you think, underlie the
phenomena
5. Formulate learning issues for SDL[self-directed learning]
6. Fill in the gaps in your knowledge through self-study
7. Share your findings with your group and try to integrate the knowledge
acquired into a comprehensive explanation of the phenomena. Check
whether you know enough now
.
(Schmidt and Moust, 2000: 23)

scl

Suasana kegiatan PBL di FKM UNDIP

Kegiatan ini dilaksanakan kelas-kelas kecil di Ruang SCL di Gedung C FKM UNDIP Semarang. Kegiatan PBL dilakukan dengan sistem blok dan mahasiswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dengan didamping satu fasilitator yang berasal dari dosen. Terdapat 7 kasus yang harus dipelajari dan dipecahkan oleh tiap kelompok.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar