Kata Mutiara

Jadilah yang terbaik di antara yang baik atau setidaknya menjadi yang baik di antara yang tidak baik

Aturan Tugas Belajar dan Ijin Belajar

Tugas belajar adalah penugasan yang diberikan oleh pejabat yang berwenang kepada PNS untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau yang setara baik di dalam maupun di luar negeri, bukan atas biaya sendiri, dan meninggalkan tugas sehari-hari sebagai PNS.

Selain tugas belajar, PNS dapat pula melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau pendidikan yang setara atas biaya sendiri. Adapun Syarat bagi PNS yang akan belajar atas biaya sendiri adalah:

  1. biaya pendidikan dan fasilitas penunjang lainnya ditanggung oleh yang bersangkutan;
  2. tidak meninggalkan tugas kedinasan dan atau tugas pekerjaan sehari-hari;
  3. tidak menuntut kenaikan pangkat penyesuaian ijazah;
  4. mempunyai DP3 minimal 2 (dua) tahun terakhir yang setiap unsur penilaian sekurang-kurangnya bernilai baik; dan
  5. mendapatkan rekomendasi dari atasan langsung mengenai bidang studi yang akan ditempuh sesuai dengan tugas pekerjaannya.

Untuk mengetahui apa dan bagaimana pengaturan tentang tugas belajar Anda dapat membaca Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik  Indonesia Nomor 48 Tahun 2009 tentang Pedoman Pemberian Tugas Belajar bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Departemen Pendidikan Nasional pada link berikut: permen_48_2009

Ketentuan operasional tentang Pemberian Tugas Belajar dan Ijin Belajar bagi Pegawai Negeri Sipil diperjelas dengan dikeluarnya Serat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No 04 tahun 2013,  silahkan dibaca : surat edaran menpan2013_0042-1.

Leave a Reply

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Switch to our mobile site