Kata Mutiara

Jadilah yang terbaik di antara yang baik atau setidaknya menjadi yang baik di antara yang tidak baik

Sekilas tentang Protokoler

Fungsi Protokol sangat penting karena terkait dengan sukses tidaknya penyelenggaraan suatu kegiatan yang dilakukan oleh pejabat negara, pejabat pemerintah, dan tokoh masyarakat. Karena protokol merupakan seperangkat aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi aturan mengenai tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan sehubungan dengan penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam negara.

Banyak terjadi  di beberapa organisasi atau institusi formal,  person-personnya kadang tidak memahami pentingnya protokoler. Sehingga kadang opening ceremony suatu kegiatan menjadi carut marut. Memang kadang orang berpikir ceremonial tak begitu dipermasalahkan jika substansi dari acara itu sendiri bagus dan lancar. Tapi protokoler seperti ini tidak akan pernah bisa kita hilangkan begitu saja, terlebih jika  kegiatan  yang diselenggarakan  berhubungan atau dihadiri  mereka yang memiliki jabatan dan pangkat tertentu (VIP) dan juga memiliki derajat tertentu (Very Important Citizen).

Sebagai sebuah institusi formal, maka di setiap Jurusan/Program Studi,  Fakultas atau Universitas seharusnya  ada  person-person yang  memahami  perihal  Protokoler secara benar.  Acara-acara resmi  di Jurusan/Program Studi/Fakultas dan Universitas (seperti: pertemuan, seminar, workshop dll ) semestinya diatur  sesuai dengan etiket resmi dalam hal  pengaturan tempat, tata upacara, dan tata penghormatan secara benar.  Perlu  adanya image yang positif bagi para hadirin, undangan atau siapapun yang hadir dalam suatu acara tersebut dan image ini tentunya tidak hanya pada awalnya saja namun juga selama proses pelaksanaan acara hingga akhir.

Dalam kegiatan pemerintahan, Protokoler  diatur secara khusus dalam Undang-Undang No.8 Tahun 1987 tentang Protokol,  dan Peraturan Pemerintah No.62 Tahun 1990 tentang Ketentuan Keprotokolan Mengenai Tata Tempat, Tata Upacara dan Tata Penghormatan.

Bagaimana tentang aturan dalam Protokoler, dapat dibaca di: Sekilas Tentang Protokoler

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar