Kata Mutiara

Jadilah yang terbaik di antara yang baik atau setidaknya menjadi yang baik di antara yang tidak baik

Kebaikan yang tidak terbalas

Saya teringat kejadian 5 tahun lalu, malam itu puteri sulungku datang menghampiriku yang sedang duduk santai dengan istri sambil membawa selembar kertas lembar kerja siswa dari guru SD-nya.

“Pa, tolong aku dibantu ya, aku ada PR dari guruku untuk mengisi dua buah pertanyaan ini, sebenarnya pertanyaannya mudah tapi  aku kok sulit mengingatnya!”.

Sambil berkerut, saya baca soal tersebut. Memang pertanyaan yang mudah dan sederhana:

  1. Buatlah daftar apa saja yang telah kamu terima dari kedua orang tua-mu?
  2. Buatlah daftar apa yang telah kamu berikan kepada kedua orang tuamu?

Saya kemudian berkata: ” Kamu pasti bisa membuatnya dik, karena setiap hari kamu kan merasakannya, cobalah mengingatnya dari apa yang terjadi pada hari ini, kemarin …. kemudian kamu runut hingga saat kamu masih bayi”

Akhirnya malam itu, anakku berhasil menyelesaikan tugasnya mengisi daftar tersebut.

Para pembaca yang budiman, ternyata diluar dugaan saya dan istri, anakku berhasil mengiventaris lebih dari 100 buah kebaikan yang dia terima sebagai anak..

Kami-pun lantas berfikir, berarti sebanyak itu pula yang dulu juga saya terima dari Bapak dan Ibu saya, bahkan mungkin lebih banyak lagi .

Sungguh jasa dan kebaikan orang tua sangat luar biasa, bagaimana tidak.  Sebelum kita jadi manusia yang mandiri maka tiap hari hidup kita tergantung pada pemberian orang tua kita, dari makan, pakaian, uang sekolah, periksa ke dokter jika sakit, bahkan pada saat masih kecil setiap hari kita dimandikan, dipijiti, digendong, disuapi, diceboki, disayang, dininabobokankan, dan kalau sakit maka semalaman orang tua rela berjaga untuk tidak tidur demi kita anaknya.  Berapa rupiah uang mereka yang telah dibelanjakan untuk kita? Pastilah sebuah jumlah yang luar biasa banyaknya, yang mungkin kita tidak akan bisa mengembalikan atau membalasnya. Belum lagi pengorbanan mereka yang lain. Sebuah contoh hitungan sederhana saja, sampai dengan usia 5 tahun berarti kita  sudah 3.450 kali  dimandikan dan 1,725 kali diceboki, 5.325 kali disuapin  oleh orang tua kita.  Allahu Akbar, ternyata sangat luar biasa besar….. Dan….yang lebih luar biasa, semua itu mereka lakukan dengan penuh keikhlasan dan kasih sayang….. Andaikan kita diminta membalas seperseratus dari yang pernah mereka lakukan, mungkinkah kita akan melakukannya dengan senang hati tanpa berkeluh kesah???

Sekarang mari kita jujur pada diri sendiri, coba kita renungkan, kebaikan apa yang telah kita berikan kepada orang tua kita?. Kalau kita menuliskannya pada sebuah daftar maka…. kita akan malu sendiri, ternyata belumlah seberapa.  Kita kadang malah lebih sering membuat mereka kesal, sedih atau kawatir dengan kelakuan kita, dari pada membuat  mereka tertawa dan bahagia karena kebaikan yang kita berikan.

 

Pembaca yang budiman, sebelum terlambat, selagi mareka masih bersama kita atau sebelum mereka meninggalkan kita, maka ini-lah saatnya untuk berbuat baik kepada orang tua kita. Berilah persembahan yang terbaik, wujudkan apa yang beliau inginkan  dan katakan ” Pa.. Ma… I love You” dengan setulus hati dan membuktikannya dengan tindakan

Andaikan mereka telah meninggalkan kita, maka jangan lupa, sempatkan waktu untuk berdoa untuk mereka dan berilah kesaksian kepada Allah.. mereka adalah orang tua yang luar biasa.

Semarang, 10 Nopember 2009

Ditulis:  Suyatno
Teruntuk Alm. Bpk/Ibu Heru Utomo, kami selalu merindukanmu..Semoga Allah memberi tempat terindah di sisi-Nya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar