Kata Mutiara

Jadilah yang terbaik di antara yang baik atau setidaknya menjadi yang baik di antara yang tidak baik

Titik Kritis dalam impementasi Penganggaran BLU

Pada setiap awal tahun setiap fakultas membuat rencana kegiatan yang terangkum dalam RBA (Rencana Bisnis Anggaran) dan terjadwal bulan per bulan yang dituangkan dalam dokumen Renja atau RIPP (Rencana Impementasi Pelaksanaan Program).  Namun ada satu hal yang perlu diwaspadai yaitu seringkali realisasi penerimaan tidak sesuai dengan yang diprediksikan, bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari besaran anggaran  dalam RBA.

Sayangnya, kepastian tentang berapa besarnya realisasi penerimaan fakultas baru bisa diketahui pada bulan Oktober (setelah selesainya proses daftar ulang dan pembayaran SPP/SPI/PRKM/SPMP). Jika ternyata  realisasi pendapatan  lebih  besar dibandingkan perencanaan dalam RBA, maka di akhir tahun anggaran fakultas akan memiliki sisa anggaran yang besar yang dapat diluncurkan di tahun berikutnya.  Akan tetapi, jika terjadi keadaan yang sebaiknya, dimana realisasi pendapatan lebih rendah  dibandingkan perencanaan dalam RBA, maka akan menjadi persoalan serius. Apabila implementasi kegiatan tetap dipaksakan mengacu pada RBA maka akan terjadi defisit anggaran.  Sehingga jalan keluarnya, fakultas harus segera dilakukan revisi RBA dan sejumlah kegiatan yang terpaksa tidak dapat didanai. Apabila dari awal persoalan tersebut tidak diantisipasi dan dikomunikasikan dengan baik kepada bidang, bagian dan unit-unit, maka akan berpotensi menjadi biang keresahan dan menjadi bom waktu ketidakpercayaan publik. Persoalan serius akan muncul, jika ternyata impementasi kegiatan sampai dengan bulan Oktober besaran dananya sudah mencapai besaran realisasi pendapatan yang diinformasikan oleh universitas. Berarti kegiatan di dua bulan yang tersisa (Nopember dan Desember) akan mandeg karena tidak tersedia lagi dana operasional.

Optimisme dalam menyusun RBA memang penting, tetapi apabila fakultas hanya mengandalkan  sumber-sumber pendapatan dari mahasiswa maka fenomena di atas akan terjadi setiap tahun. Disinilah pentingnya fakultas segera merencanakan dan mencari sumber-sumber revenue baru. Fakultas ekonomi sudah memulai dengan mendirikan usaha POM bensin, Fakultas Kedokteran dengan rencana opasional rumah sakit, lantas bagaimana dengan FKM???

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar