Kata Mutiara

Jadilah yang terbaik di antara yang baik atau setidaknya menjadi yang baik di antara yang tidak baik

Pedoman Penilaian Kredit Point Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa FKM UNDIP

Kegiatan kemahasiswaan merupakan komponen penting untuk  meningkatkan soft skill mahasiswa dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam menghasilkan alumni yang berwawasan luas dan kompeten. Sayangnya, selama ini apresiasi dari institusi pendidikan  terhadap setiap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa kurang memadai dan hal inilah menyebabkan munculnya sikap apatis pada sejumlah mahasiswa terhadap beragam kegiatan ekstra kurikuler yang ditawarkan di kampus.  Faktor pendorong agar mahasiswa aktif mengikuti beragam kegiatan ekstra kurikuler perlu didesain, dan untuk keperluan itulah maka Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat mengeluarkan Surat Keputusan tentang Pedoman penilaian Kegiatan Ekstra Kurikuler Mahasiswa tertanggal 31 Januari 2010.

SK Dekan tersebut dibuat berdasarkan usulan/masukan dosen pendamping/pembina kemahasiswaan dan pengurus organisasi kemahasiswaan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro pada rapat koordinasi kegiatan kemahasiswaan tanggal 7 Januari 2010 dan didasarkan hasil Rapat Kerja Pimpinan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro tanggal 18 Januari 2009.  Berdasarkan SK tersebut, setiap kegiatan yang dilakukan mahasiswa nantinya akan dihargai dengan satuan angka kredit yang disesuaikan dengan  bidang kegiatan, tingkat, dan bobot kegiatan yang dilakukan.

Adapun maksud dan tujuan utama dari  SK Dekan tentang Pedoman Penilaian Kegiatan Ekstra Kurikuler adalah untuk :

  1. menilai tingkat keaktifan mahasiswa pada kegiatan ekstrakurikuler;
  2. memotivasi minat mahasiswa pada kegiatan ekstra kurikuler;
  3. menghasilkan alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro yang berwawasan luas dan mampu bersaing pada dunia kerja.

Adapun ruang lingkup Kegiatan Ekstra Kurikuler yang dihargai oleh fakultas meliputi segala aktivitas mahasiswa yang dilakukan dalam  bidang  penalaran, minat bakat, dan pengabdian kepada masyarakat dalam lembaga kemahasiswaan yang ada pada tingkat fakultas, universitas maupun di luar universitas.

Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa baik pada tingkat bagian, fakultas, universitas, dan di luar universitas, nantinya akan dinilai dan  Komposisi persentase angka kredit yang harus dicapai oleh  mahasiswa pada penghitungan akhir untuk masing-masing kegiatan adalah sebagai berikut:

  • bidang Penalaran sekurang-kurangnya 20 %;
  • bidang Minat Bakat sekurang-kurangnya 20 %;
  • bidang Sosial dan Kemasyarakatan sebanyak-banyaknya 25 %;
  • bidang Kegiatan Khusus sebanyak-banyaknya 25%.

Jumlah angka kredit kumulatif yang (harus) diperoleh setiap mahasiswa, dapat dinyatakan dengan kriteria sebagai berikut:

-  Sangat Aktif:  > 150 point

-  Aktif              : 100 – 150 point

-  Cukup Aktif:  60 – 99 point

Seorang mahasiswa diwajibkan  mengumpulkan angka kredit minimal 5 angka kredit per semester dan  untuk diharapkan mencapai jumlah angka kredit minimal 60 point sebelum menempuh ujian akhir kesarjanaan (khusus untuk mahasiswa alih jalur jumlah angka kredit minimal 30 point).  Jika jumlah angka kredit sebagaimana dimaksud di atas belum terpenuhi, maka mahasiswa yang bersangkutan belum boleh mengikuti ujian kesarjanaan (ujian tugas akhir/skripsi) sampai mahasiswa yang bersangkutan memenuhi angka kredit Kegiatan Ekstra Kurikuler mahasiswa.  Untuk dapat memenuhi jumlah angka kredit sebagaimana dimaksud, maka bidang kemahasiswaan fakultas dapat memberikan bimbingan, pengarahan dan berbagai bentuk fasilitasi lainnya sesuai dengan program fakultas.

Untuk keperluan Penilaian Kegiatan Ekstra Kurikuler Mahasiswa, maka Fakultas  akan membentuk Tim Penilaian yang terdiri atas unsur-unsur dari pembina kemahasiswaan, Bagian Kemahasiswaan dan Pengurus Inti organisasi yang  ditetapkan oleh Dekan dalam  suatu Keputusan Dekan. Untuk melaksanakan tugasnya Tim Penilai mempunyai kewenangan dan berkewajiban sebagai berikut:

  1. memeriksa dan meneliti persyaratan dan bukti-bukti yang diajukan oleh mahasiswa pengusul angka kredit;
  2. melakukan penilaian terhadap angka-angka kredit yang diajukan pada setiap usul penetapan angka kredit;
  3. menyampaikan hasil penilaiannya kepada Dekan;
  4. melakukan tugas-tugas lain yang berhubungan dengan penetapan angka kredit.

Adapun Syarat dan Tatacara Penilaian Angka Kredit adalah sebagai berikut:

  1. Setiap mahasiswa Universitas Diponegoro yang akan dinilai, terlebih dahulu melakukan pengumpulan data kegiatannya sendiri sesuai dengan butir kegiatan sebagaimana tersebut dalam lampiran SK Dekan.
  2. Setiap mahasiswa mengisikan angka kredit ke dalam blangko transkrip Kegiatan Ekstra Kurikuler sementara setiap semester.
  3. Setiap kegiatan yang diikuti oleh setiap mahasiswa harus dibuktikan dengan surat tugas/sertifikat/piagam/surat keterangan dari pihak yang berwenang.
  4. Bukti kegiatan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) diperiksa oleh Tim Penilai.
  5. Transkrip Kegiatan Ekstra Kurikuler sementara mahasiswa yang akan ujian Tugas Akhir/Skripsi disahkan oleh Ketua Tim Penilai dan diteruskan kepada Dekan.
  6. Dekan menerbitkan Transkrip Kegiatan Ekstra Kurikuler berdasarkan usulan dari Tim Penilai.

Semua ketentuan sebagaimana yang tercantum SK Dekan tersebut  mulai diberlakukan kepada mahasiswa angkatan 2009 dan seterusnya.

Adapun Ketentuan tentang Penilaian dan Penentuan satuan angka kredit kegiatan secara lengkap dapat dibaca di sini: Sistem Kredit Point – Pedoman Penilaian Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa

Leave a Reply

*

Spam Protection by WP-SpamFree

Switch to our mobile site