Kata Mutiara

Jadilah yang terbaik di antara yang baik atau setidaknya menjadi yang baik di antara yang tidak baik

Kuliah Umum FKM UNDIP 2012: Wagub Ajak Mahasiswa Aktif Organisasi

Wagub Ajak Mahasiswa Aktif Organisasi
image

AJAK DIALOG: Wakil Gubernur Rustriningsih mengajak dialog mahasiswa baru Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undip di sela memberikan kuliah umum, Kamis (30/8), di kampus Tembalang. (suaramerdeka.com/Hartatik)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Wagub Rustriningsih mengajak mahasiswa agar aktif berorganisasi. Dengan berorganisasi, mereka akan dilatih bermusyawarah dan bermufakat dengan baik.

“Organisasi membuat mahasiswa jauh lebih toleran serta mempunyai solidaritas yang tinggi. Silahkan pilih yang tepat dan cocok, bisa organisasi kemasyarakatan maupun keagamaan,” ujarnya saat memberikan kuliah umum di kampus Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undip Tembalang, Kamis (30/8).

Lebih lanjut, dia mengatakan, organisasi bisa menjadi sarana yang efektif untuk menunjukkan kemampuan sehingga tidak dianggap remeh. Terutama bagi perempuan yang selama ini dipersepsikan lemah, emosional, jengkel dan sensitif akan jauh lebih tertempa dan kuat bila aktif di organisasi Rustri juga menjelaskan bahwa organisasi mengasah kepekaan memahami dan mengenali situasi.

Dengan berorganisasi bisa mendeteksi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi, serta mengambil sikap untuk mengantisipasinya.

Mantan Bupati Kebumen ini juga memberikan motivasi kepada mahasiswa baru bahwa dengan kuliah wawasan akan jauh lebih berkembang dan pola pikir lebih berperspektif dan kritis. “Jangan lupa untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi dan produktif,” tegasnya.

Selain memiliki sikap tersebut, ia juga meminta para mahasiswa untuk selalu bersikap jujur dan peduli. Hal tersebut menjadi penentu keberhasilan meraih karir, terutama saat menghadapi kesulitan. Sementara itu, Dekan FKM Dra VG Tinuk Istiarti MKes menyatakan dari data empiris menunjukkan bahwa bangsa ini masih memiliki kemampuan yang rendah untuk menyerap, memetakan dan memanfaatkan kesempatan yang ada.

Sesuai data Human Development Index tahun 2010, Indonesia menduduki ranking 108 dari 169 negara, kemudian dari Global Competitioners Index menduduki ranking 44. Apabila tidak dilakukan langkah-langkah progresif, maka negara ini akan tertinggal dalam kompetisi global.

( Hartatik / CN32 / JBSM )

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar