Kata Mutiara

Jadilah yang terbaik di antara yang baik atau setidaknya menjadi yang baik di antara yang tidak baik

UNDIP IDOL 2012 SEBUAH AWAL

Dari sekian banyak kegiatan Dies Natalis UNDIP yang ke-55 TAHUN 2012 ada satu kegiatan yang baru yang belum pernah diselenggarakan oleh panitia pada tahun-tahun sebelumnya, yaitu pemilihan Undip Idol 2012. Undip Idol 2012, salah satu dari serangkaian kegiatan yang cukup mendapat apresiasi positif dari mahasiswa.  Pada malam final yang akhirnya melahirkan bintang baru di bidang tarik suara. Andre Hari Triwibowo, mahasiswa jurusan D3 Akuntansi keluar sebagai pemenang di malam Grand Final Undip Idol (5/10) hadir lebih lebih dari seribu penonoton yang sangat antusias mendukung para kontestan yang tampil di Gedung Prof Soedarto .

Ide untuk menyelenggarakan event Undip Idol ini sebenarnya sejak lama muncul di benak saya. Selaku Pembantu Dekan III di FKM Undip, saya telah mengusung kegiatan ini sejak tiga tahun lalu untuk tingkat fakultas.  Dalam sejumlah pertemuan Rakor Bidang III Undip, beberapa kali saya melontarkan usulan bagaimana kalau event serupa digelar di tingkat Universitas dengan label Undip Idol. Namun sayang tidak ada tanggapan dari para peserta Rakor.  Baru pada tahun 2012 ini, ketika saya ditunjuk sebagai Ketua II (Wakil Ketua) Panitia Dies Undip ke-55,  item kegiatan pemilihan Undip Idol saya masukkan sebagai  salah satu kegiatan yang diperlombakan.  Saya sangat berterima kasih atas bantuan dan dedikasi Mukhlis Reza Sukmana bersama tim-nya yang telah membantu mengelola kegiatan ini dari awal hingga akhir dengan semangat juang yang luar biasa.  Saya juga salut atas dedikasi yang luar biasa dari  mas Jefry Franklin Bode dan Rizky ‘Awan’ yang telah meluangkan waktu dan tenaga untuk menjadi juri Undip Idol.       Ide memang dari saya, tetapi tanpa mereka  saya rasa kegiatan tersebut tidak akan berlangsung dengan meriah dan sukses.

Saya sangat  surprise ternyata ajang pencarian bakat yang terinspirasi dari salah satu program di stasiun televisi swasta ini mendapat tanggapan luar biasa dari mahasiswa Undip, tercatat 173 mahasiswa Undip mengikuti audisi yang dilakukan dengan beberapa tahapan. Pada tahapan pertama, tiap peserta menyanyikan sebuah lagu di depan juri di ruangan tertutup dan tersaring 32 peserta yang mendapatkan golden ticket untuk melanjutkan babak selanjutnya. Setelah itu terpilihlah 11 finalis yang mendapat kesempatan menunjukkan kemampuan terbaiknya di malam grand final. Saya yang didaulat oleh Reza untuk ikut menjadi juri di malam final tersebut (bersama mas Jefry Franklin Bode dan Pak Bagoes Widjanarko) sangat kagum dengan penampilan kesebelas finalis yaitu: Yulita (Hukum), Bella (Ilmu Perpustakaan), Aditya (Teknik Geologi), Luthfia (Sastra Inggris), Ulfi (Teknologi Pangan), Aretha (Teknik Arsitektur), Ulung (Oceanografi), Teja (Hubungan Internasional), Andre (D3 Akuntansi), Kunta (Biologi), dan Infra (Ilmu Komunikasi).  Ternyata Undip menyimpan mahasiswa dengan segudang potensi, kesebelas finalis mampu membawakan lagu dengan ciri khas masing-masing, mulai dari genre pop, jazz, rock hingga jawa. Kualitas suara mereka mampu membuat penonton terpesona.

What next?…. saya berharap ajang ini merupakan sebuah awalan dan dapat berlanjut di tahun-tahun mendatang.  Banyak mahasiswa yang berharap event ini diselenggarakan secara rutin tiap tahun.  Namun jika event ini dikaitkan dengan kepanitiaan dies Undip rasanya tidak ada jaminan untuk dapat terselenggara secara rutin, mengingat kepanitiaan Dies Undip bergilir dari satu fakultas ke fakultas lain di lingkungan Undip.  Saya pernah berdiskusi dengan teman-teman  di fakultas tentang ide membantuk Manajemen Undip Idol untuk menjamin keberlangsungan penyenggaraan Undip Idol di waktu-waktu mendatang dan melakukan pembinaan bagi para juara yang telah terpilih.  Butuh waktu dan pematangan untuk memilih format yang terbaik dan diterima semua pihak, dan semoga pimpinan Universitas menganggap ini sebagai hal yang penting untuk dilakukan, semoga.

Semarang 9 Oktober 2012

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar